RESUME MATERI PKKMB UNUSA 2023 - "INDONESIA EMAS (MANDIRI DAN BERSATU DALAM NILAI GOTONG-ROYONG YANG BERINTEGRITAS)"

 


Seluruh dunia saling terhubung, contohnya UNUSA dengan universitas lain yang berada diluar Surabaya. Tak mungkin Indonesia sendiri, pasti memiliki hubungan dengan wilayah di negara luar. 

WHO dibuat pada 1948 bertujuan untuk mengkoordinir isu-isu kesehatan global dengan memastikan kualitas kesehatan terbaik bagi masyarakat di seluruh dunia tercapai. Badan PBB yang beranggotakan 194 negara ini bermarkas di Janewa, Swiss. 

Hasil Studi Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan dibandingkan Riskesdas tahun 2013, prevalensi penyakit tidak menular antara lain kanker, stroke, penyakit ginjal kronik, diabetes, dan hipertensi mengalami peningkatan. Meningkatnya prevalensi penyakit tidak menular berhubungan dengan gaya hidup, termasuk merokok, konsumsi minuman beralkohol, kurangnya aktivitas fisik dan konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Jika generasi di negeri ini memiliki pola hidup yang buruk, mustahil Indonesia bisa menjadi generasi emas di masa depan.

Sistem kesehatan yang berketahanan dimulai dengan transformasi layanan kesehatan primer, contohnya:

1. Menggarisbawahi peran puskesmas sebagai koordinator wilayah puskesmas lainnya.

2. Puskesmas yang sudah bertransformasi mampu menyediakan layanan kesehatan lebih tinggi 

3. Mencapai ketahanan masyarakat yang berkelanjutan melalui keterlibatan yang bermakna dengan masyarakat lokal dalam pengawasan kesehatan, promosi kesehatan, langkah-langkah keselamatan kesehatan dan layanan penting.

Berbincang soal kesehatan dan ilmu kedokteran, negara kita Indonesia masih sangat kurang. Negara ini cenderung masih melihat kedalam dibanding keluar, sehingga mengurangi pentingnya berkontribusi terhadap pengetahuan dan pembelajaran global.


Instagram UNUSA : https://www.instagram.com/p/Cwo3Nh9RDgr/?igshid=MWZjMTM2ODFkZg==

Website UNUSA : https://unusa.ac.id/

Baca juga milik teman saya : https://rizqinakautsarrani.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST NEWS PRA BToPH 2023

RESUME MATERI PKKMB UNUSA 2023 - GENERASI MUDA BERINTEGRITAS ANTI KORUPSI

POST NEWS PRA BTOPH 4 2023