RESUME MATERI PKKMB UNUSA 2023 - GENERASI MUDA BERINTEGRITAS ANTI KORUPSI

 

Generasi muda merupakan tonggak terciptanya integritas anti korupsi.

Pada tahun 1982 Indonesia bersatu dengan PBB yang mengatakan bahwa Indonesia itu dahulu menyatu, atau di sebut benua maritim Indonesia. 

Indonesia dikenal sebagai kerajaan maritim yang memiliki kekayaan luar biasa karena berada di wilayah yang strategis yaitu antara 2 benua dan 2 Samudera. Karena itu Indonesia adalah milik kita bersama, sumber daya alam dari tambang sampai kehutanannya adalah milik kita semua. 

Kompetensi dibagi menjadi 3 unsur, yaitu : 

K > Knowledge

S > Skill (Pengetahuan dan kemampuan)

A > Attitude (Aqidah dan akhlak) 

Nilai kenetralan yang perlu dimiliki mahasiswa UNUSA sebagai attitude yaitu memiliki sifat nk confirm count intres agar selalu terhindar dari niat untuk korupsi.

Sejarah dari Bung Tomo yang mengorbankan harta jiwanya dikhianati oleh bawahannya. Sebagai mahasiswa UNUSA sebagai generasi rahmatan lil 'alamin harus mempuanyai prinsip sceptic yaitu tidak mudah percaya dan menuduh. 

Seharusnya kekayaan yang ada di Indonesia sudah terkumpul luar biasa banyaknya kalau tidak ada para koruptor. Di garis bawahi korupsi dimulai dengan adanya kesalahan. Kesalahan disini dibagi menjadi dua yaitu intentional mistake atau sengaja, dan unintentional mistake atau kesalahan tidak disengaja. Kejahatan dibagi menjadi dua yaitu kejahatan umum seperti mencuri, pencemaran nama baik. Dan kejahatan khusus seperti korupsi. Seseorang dapat dikatakan melakukan kesalahan khusus apabila sudah melanggar Undang Undang. 

Korupsi dapat dilihat dari sudut pandang luas dan sudut pandang sempit. Ketika seseorang melihat dari sudut pandang yang luas, maka semua penyimpanan dapat dianggap sebagai korupsi atau kecurangan. Sedangkan ketika seseorang melihat dari sudut pandang yang sempit, ada 30 jenis kecurangan atau korupsi, diantaranya terkait keuangan negara atau yang tidak terkait dengan keuangan negara.

Unsur unsur korupsi menurut pasar 2 dan 3 Undang Undang 31 Tahun 1999 ada 4 yaitu pelaku, menguntungkan diri sendiri, mengakibatkan kerugian negara, dan melawan hukum. Pada tahun 1995, ada istilah front triangle, ada kesempatan untuk korupsi ada sebab musababnya yaitu opportunity, pressure, rationalization. Pada tahun 2004 ada kasus korupsi terkait kewenangan, rata-rata orang korupsi adalah orang yang punya kewenangan. Integritas itu punya 3 kategori, yang pertama patuh, yang kedua middle atau istiqomah, yang ketiga stay along.


Website UNUSA : unusa.ac.id

Instagram UNUSA : instagram.com/unusa.official

Lihat juga karya teman saya : 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST NEWS PRA BToPH 2023

POST NEWS PRA BTOPH 4 2023