RESUME MATERI PKKMB FKES UNUSA 2023

 


MEMBENTUK MAHASISWA YANG BERKARAKTER APIK MELALUI ORIENTASI PENGENALAN KAMPUS

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya memiliki beberapa fakultas yang unggul dan baik. Salah satunya adalah Fakultas Kesehatan. Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya memiliki 4 Prodi yakni : 

1. S1 Kesehatan Masyarakat 

2. S1 Ilmu Gizi

3. D4 Kesehatan dan Keselamatan Kerja 

4. D4 Analisis Kesehatan

Dari prodi-prodi tersebut yang telah terakreditasi unggul, Fakultas kesehatan UNUSA memiliki visi dan misi. Visi Fakultas Kesehatan :

"Menjadi Fakultas Kesehatan Terkemuka, Unggul dibidang Promotif dan Preventif, Profesional, Berjiwa wirausaha dan Berjati diri Islami"

Misi Fakultas Kesehatan :

1. Melaksanakan pendidikan akademik dan vokasi di bidang kesehatan promotif dan preventif yang kompetitif, berpikir analitis, kritis, dan inovatif

2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang mempunyai kontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang promotif dan preventif

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat

4. Menumbuh kembangkan sumber daya manusia yang profesional dan berjiwa wirausaha yang memiliki integritas dan berjati diri Islami.

5. Melaksanakan manajemen profesional dalam mengelola fakultas yang berjati diri Islami

6. Menumbuh kembangkan budaya Ahlus Sunnah wal Jamaah An- Nahdliyah dalam kegiatan akademik dan Non Akademik dalam kehidupan masyarakat. 


Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya juga memiliki tujuan yang sangat mulia, yaitu: 

1. Menghasilkan lulusan pendidikan akademik dan vokasi di bidang kesehatan promotif dan preventif yang kompetitif berpikir analitis, kritis inovatif

2. Menghasilkan penelitian di bidang promotif dan preventif yang mempunyai kontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang promotif dan preventif yang bertaraf Nasional maupun internasional.

3. Mewujudkan derajat kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat dalam program pengabdian masyarakat

4. Menghasilkan sumber daya manusia yang profesional dan berjiwa wirausaha yang memiliki integritas dan berjati diri Islami

5. Mewujudkan Fakultas dengan organisasi dan tata kelola yang profesional, bermutu, serta berjati diri Islami

Materi 1 oleh Ibu merry Sunaryo, S.KM, M.K.K

Apa itu mahasiswa? 

Karakter tahu harus di miliki mahasiswa antara lain:

Attitude, Adaptif, Inovatif, Kreatif, Kerjasama, Kerja keras, Kepemimpinan, Percaya diri, Toleransi, Kritis, Peduli, Disiplin, Networking dan Lobbying  dll. Nah dari semua itu menurut saya yang paling penting dan yang paling utama yang harus dimiliki oleh mahasiswa yaitu Attitude atau akhlak. Karena dimanapun seseorang berada, yang pertama kali dilihat dan dinilai adalah sikap mereka  Attitudemu baik, orang akan menghargaimu. 

Materi 2 oleh Baoak Yauwan Tobing Lukiyono, S.ST, M.T

Sense of belonging merupakan perasaan yang ada dalam diri anggota suatu kelompok atau organisasi, yang mana mereka memiliki rasa "memiliki" dalam kelompok atau organisasi tsb. SOB menjadi suatu kebutuhan dasar yang perlu dimiliki oleh manusia, karena terkait dengan psikologi dan mental seseorang. 

Sense of belonging memiliki 5 prinsip yakni:

1.Tanggung jawab ( Responsibillly),

2.Kepekaan (Tanggap),

3.Enterpreneurship,

4.Etos kerja yang tinggi, dan

5.Konsisten.


Pentingnya sense of belonging yakni kebutuhan emosional yang memengaruhi kesehatan mental, fisik dan pengembangan hubungan sengan orang lain. Sense of belonging juga sebagai pergerakan pada diri kita.

Membangun sense of belonging bagi mahasiswa yakni dapat membangun rasa percaya dapat melatih kita untuk berkomunikasi dan berbicara baik dengan orang lain. Menyamakan visi dan misi dengan mengutarakan visi dan misi antar mahasiswa untuk mendapatkan keuntungan semua pihak. Proaktif dalam membangun budaya menghargai (Inklusivitas) yakni membuat budaya akan membuat seseorang merasa tidak dibedakan dengan latar belakang seseorang. Menghadirkan beneflts disini mahasiswa akan merasakan senang dengan lingkungannya apabila diberikan finets.


Materi 3 oleh Kak M. Ilham Rizki Darmawan 

Generasi Z adalah mereka yang lahir ditahan 1955-2012. Tumbuh dilangsungkan yang serba digital membuat generasi ini tumbuh menjadi pribadi dengan karakteristik yang beragam, baik dari sisi hubungan interpersonal maupun akademik.

Kelemahan Generasi Z:

1.Terburu- buru dalam mencapai sesuatu

2.Kecenderungan untuk dituruti kemaluannya

3.Flentan kecanduan Global

4. Kurang disiplin dalam hal-hal kecil

Kegagalan akan terjadi apabila kita berhenti mencoba. Orang sukses akan selalu kelebihan satu cara, sedangkan orang gagal akan selalu kelebihan satu alasan.

Instagram: https://instagram.com/unusa_official?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Website UNUSA: UNUSA


Lihat juga blok teman saya: https://tulisananitarizki.blogspot.com/2023/09/resume-materi-pkkmb-fkes-unusa-2023.html?m=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST NEWS PRA BToPH 2023

RESUME MATERI PKKMB UNUSA 2023 - GENERASI MUDA BERINTEGRITAS ANTI KORUPSI

POST NEWS PRA BTOPH 4 2023