MAHASISWA UNUSA DALAM GENERASI ASWAJA AN-NAHDLIYAH

 


AHLU SUNNAH  WAL JAMA'AH


- Sunnah artinya suatu jalan walaupun tidak diridhai. Secara syara' sunnah artinya jalan yang diridhai Allah SWT yang ditemouh dalam agama yaitu ditempuh Rasulullah SAW.
- Jama'ah artinya orang yang berkumpul diatass kebenaran yang berdasarkan Al-Qur'an dan Hadist, dan para sahabat Rasulullah dan yang mengikutinya (tabi'in). 
Jadi Ahlu Sunnah WAl Jama'ah adalah golongan yang berpegang teguh terhadap Al-Qur'an dan Hadist / Sunnah serta pemahaman dan  penerapan para sahabat dalam mengamalkan Islam termasuk dari mereka yaitu tabi'in, tabi'at, taba'in, dll.

Nahdlatul Ulama adalah Organisasi islam yang perpaham aswaja yang berdiri pada 16 Rajab 1344 H / 31 Januari 1926 di Surabaya. Pendiri Nahdlatul Ulama yaitu KH. Hasyim Asy'ari ditemani para sahabatnya yaitu KH. Wahab Hasbullah, KH. Bisri Syamsuri, KH. Mas Alwi Abdul Aziz ( yang memberi nama Nahdlatul Ulama ), KH. Ridwan Abdullah (penggambar/desainer loogo Nahdlatul Ulama).

Nahdlatul Ulama merumuskan Aswaja sebagai madzhab yang mengikuti Al Ay'ari dan Al Maturidi sebagai akidah dan mengikuti salah satu dari 4 imam besar (imam Hanafi, Imam Syafi'i, Imam Maliki, dan Imam Hambali) dalam hukum ubudiyah. Sedangkan dalam tasawufnya Nahdlatul Ulama mengikuti Imam Al Junaidi / Imam Al Ghazali.

Dasar Prinsip Nahdlatul Ulama:
1. Tawasuth > Jalan tengah, tidak kubu kanan/kiri, apabila memutuskan sesuatu tidak hanya dengan salah satu dari dalil ataupun akal tetapi harus dari penengahan keduanya.
2. Tasamuh > Toleransi atau menghargai
3. I'tidal > Tengah-tengah, adil
4. Tawazun > Seimbang, menimbang-nimbang dalam mengambil keputusan, mana yang mashlahah dan mana yang mafsadah. Dn pilihlah yang mashlahah.

Al Isnaadu Minad Diin atau sanad keilmuan adalah bagian dari agama. Siapa yang belajar tanpa guru, maka ia belajar dengan setan karena tidak ada silsilah keilmuan dari murid kepada gurunya.

Tradisi Nahdlatul Ulama yang wajib dicontoh oleh warga Nahdliyyin adalah seperti sikap Hadratus Syaikh Kyai Haji Hasyim Asy'ari yang kalau mau mengerjakan sesuatu harus meminta izin dan meminta restu dengan gurunya terlebih dahulu.

Website UNUSA : unusa.ac.id
Follow juga milik teman saya : 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST NEWS PRA BToPH 2023

RESUME MATERI PKKMB UNUSA 2023 - GENERASI MUDA BERINTEGRITAS ANTI KORUPSI

POST NEWS PRA BTOPH 4 2023